RSS

Kakak Mogok Sekolah!!!

Dalam seminggu, kakak masuk 3 hari, yakni Senin, Rabu dan Jumat. Jika saya amati kakak termasuk pribadi yang kurang cepat membaur dengan lingkungan baru. Perlu berapa waktu (baca bulan) sebelumnya saat ini dia mau dan nurut terhadap utinya.

Problem ini kembali dibawa saat masuk sekolah. Setelah insiden tidak mau ditingal di sekolah, kemarin dia mulai mencari alasan untuk tidak datang ke sekolah. "Kakak setelah mandi ini mau pake baju ini saja", bahasa yang sangat halus untuk menolak mengenakan seragam sekolah... sungguh lucu, di usia yang 3 1/2 tahun, dia bisa memilih kata penyampaian tidak langsung. Ada-ada saja.
Akhirnya hari ini kakak dibebaskan dari tugas bersekolah, dan menggantinya dengan bermain-main di depan komputer.

Sebenarnya apa yang menyebabkan anak menjadi mundur? Saya coba menggali dengan bertukar pikiran dengannya. Jangan dikira anak-anak ya pak, bu, mereka sangat dahsyat logika berpikirnya. Jadi jangan khawatir untuk mengajaknya bertukar pikiran mengenai kesukaan dan ketidaksukaannya bersekolah.

Dari konsultasi singkat ini, ada beberapa sebab yang menghalangi ia pergi sekolah :
1. Lingkungan yang baru, dengan orang-orang baru dan teman-teman baru. Beberapa anak memang dikarunia kemudahan dalam bergaul, dengan segera mendapatkan teman dan bermain bersama.

2. Melindungi diri. Kakak termasuk anak yang penakut dan cenderung menyerah jika ada yang sedikit nakal. Istilahnya jago kandang, karena jika di rumah cerewetnya tidak karuan. Begitu ia diletakkan di luar, maka dia mengalami kegelisahan karena rasa takut terhadap teman-temannya. Apalagi di kelasnya terdapat anak yang relatif sangat besar dibanding siswa lainnya.

Untuk itu berikutnya ia mau bersekolah, dengan syarat mamanya menunggui di sana. Dan hal ini dengan terpaksa diikuti nyonya. Nyonya memutuskan untuk berkonsultasi ke guru pengajar mengenai status kakak. Dan nasehat yang cukup berharga adalah, selama di sekolah berusah cuek ke dia, sehingga makin lama dia akan beralih konsentrasinya ke sekolah. Dan pada titik itu kita berusaha mencari celah untuk meninggalkannya belajar.

Selamat sekolah ya kak! Kalo kakak masih nggak berani sekolah, inget uang pangkal sekolah mahal. Hehehe...

0 komentar:

Posting Komentar

Maswa adalah seorang suami dengan satu istri dan dua anak yang lucu
 
Copyright 2009 Suami Ga Go Blog All rights reserved.
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress Theme by EZwpthemes