RSS

Mengumpulkan Receh

Apakah maswa sudah mulai bermain PTC atau Adsense?
Sebenarnya memang benar maswa sudah bermain PTC, tetapi model PTC yang bersistem referral ini kurang menyenangkan maswa. Kenapa? Karena kalo kita berada menjadi downline seseorang, maka sebenarnya kita menjadi sapi perah orang tersebut. Selain kita mencari downline lain untuk menyejahterakan kita, sebenarnya kita menyejahterakan upline kita juga. Mencari downline untuk menjadi sapi perah itu maswa rasa kurang adil. Jika kita mendaftar tanpa referal apakah berarti kita ada di posisi top? Jangan salah, dalam PTC ada permainan untuk membeli member-member dengan referal yang kosong untuk menjadi downline seseorang, yang berlaku untuk sekian periode waktu. Artinya anda tetap menjadi sapi perah orang lain tanpa anda sadari. Jika kita bekerja tanpa mencari downline, hasil PTC kita sangat sedikit dan tidak berarti. Tapi memang begitulah permainannya walau kurang adil. Hingga dalam beberapa forum, dibahas strategi mencari downline, misalkan untuk PTC x, si A menjadi downline si B, tetapi si B menjadi downline si A di PTC y. Dan disepakati mereka saling klik jumlah yang sama. Disini permainan menjadi cukup adil dan saling menguntungkan.

Apakah merencanakan receh dari Adsense?
Blog maswa ini baru seumur jagung, sehingga belum bisa mendaftar untuk mendapat jatah iklan adsense atau bahkan PTR.

Jadi apa yang sebenarnya maswa maksud dengan receh?
Istri tercinta maswa mendaftar untuk menjual pulsa elektrik. Dan karena tujuannya adalah untuk berjualan, maka memilih penyedia jasa yang bukan menitikberatkan dalam program MLM untuk mendapatkan member downline. Saya sudah menghitung perkiraan keuntungan bisnis isi ulang pulsa elektrik ini, dan karena harga yang sangat bersaing maka keuntungan yang bisa diraih per transaksi sebenarnya sangat kecil. Maka kelangsungan bisnis ini lebih bertitik berat pada volume orang mengisi ulang. Belum lagi jika terdapat kesalahan transaksi (sistem juga bisa salah bo, cuma nggak mau ngaku saja), maka bisa dipastikan perlu waktu dan biaya untuk mengklirkannya, utamanya jika pelaku bisnis menggunakan sms sebagai media transaksi.

Apa halangan utama bisnis ini?
1. Sistem penyedia layanan tidak reliable, akan mengganggu proses bertransaksi
2. Jumlah member terlalu banyak menyebabkan layanan transaksi sangat sibuk dan menurunkan kualitas sistem layanan
3. Harga agen dari penyedia layanan kurang bersaing menyebabkan agen susah menentukan margin keuntungan, karena jika untung terlalu banyak akan ditinggalkan pelanggan
4. Berbahaya jika customer support sistem layanan sering tidak online

Apa keuntungan usaha ini?
1. Murah modal
2. Modal tidak basi (tidak seperti usaha kue basah/makanan)
3. Bisa menjadi usaha sampingan selain usaha utama

Alhamdulillah ternyata usaha ini berjalan cukup lancar. maswa tidak mengharapkan nyonya bisa mengumpulkan uang hingga berjuta-juta (hehe maswa bohong, tentu saja mengharapkan... hari gini gitu...) tetapi saat anda melayani orang lain, maka disitu ada tanggung jawab untuk memuaskan pelanggan. Misal dengan harga yang lebih murah, pelayanan yang cepat, dan memproses claim customer jika ada permasalahan. Inti dari berjualan sebenarnya adalah melayani orang lain. maswa merasa gembira jika pelanggan pulang dengan wajah puas karena pelayanan yang prima. Sepertinya itu sudah cukup, tanpa memasalahkan sebenarnya uang yang nyonya terima hanyalah receh. Keuntungan besar tanpa memedulikan perasaan pelanggan adalah semangat kapitalis yang memang hanya melihat kebendaan. Padahal tidak setiap saat keuntungan besar itu menentramkan hati.

maswa lebih suka begini,
maswa doakan semoga bisnis nyonya ini bisa langgeng. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Maswa adalah seorang suami dengan satu istri dan dua anak yang lucu
 
Copyright 2009 Suami Ga Go Blog All rights reserved.
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress Theme by EZwpthemes